Tingkatkan PR blog Anda, segera daftarkan ke e-Blog Directory. Gratis kok....

Advertisement

Titanic Lamp

Posted by Charles Trevelyan

Si pembuat, Charles Trevelyan Terinsipirasi oleh film titanic, sehingga lampunya mirip kapal titanic yang lagi terbelah. hue2...

Abyss table lamp

Posted by Author

Dari namanya saja sudah kelihatan. Batu-batu ditumpuk secara teratur pada sebuah tiang yg menyangga lampu, sehingga menghasilkan cahaya yg berpancar ke arah bawah yg tepat seperti sebuah air terjun. Harganya $119.

Desktop Grenade Lamp

Posted by Author

Nama dan model lampu ini cukup keren. Yang belum pernah pegang granat, nih saatnya untuk beli lampu ini. Tombol pemicu granat difungsikan sebagai saklar untuk menyalakan dan mematikan lampu. Harganya kisaran $139.

Bulb Lamp

Posted by Author

Lampu yg satu ini juga cukup unik karena dibuat dan di desain sedemikian rupa dengan sejumlah bola lampu bekas. Bisa dilihat pada gambar bahwa cahaya yang dihasilkan bersumber dari sebuah lampu yang dikelilingi

Memento lamp

Posted by Hiroshi Yoneya and Yumi Masuko

Lampu ini di desain oleh Hiroshi Yoneya and Yumi Masuko. Berbentuk balok dan dihiasi atau sengaja di desain dengan rangkaian angka-angka sehingga jika cahaya dinyalakan akan terbentuk bayangan yg unik di sekitarnya.

Corner Lamp

Posted by Hiroshi Yoneya and Yumi Masuko

Sesuai dengan namanya, lampu ini memang ditujukan untuk pojok ruangan. Bisa dilihat pada gambar bahwa desainnya disesuaikan dengan pojok ruangan. Harganya sekitar $195.

Book Lamp

Posted by Author

Lampu ini di desain berada dalam sebuah buku. Bisa dilihat pada gambar bahwa ketika buku dibuka, terdapat sebuah lampu di tengah-tengahnya. Desain yang sungguh kreatif dan tidak membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Senter Lamp

Posted by Author

Lampu ini mirip banget sama lampu Senter. Didesain oleh perusahaan LifeGoods sebagai lampu yang bisa dibawa kemanapun. Hemat energi dan bisa diisi ulang.

Butterfly Lamp

Posted by Japanese design studio Vinta

Didesain dengan elegan oleh Japanese design studio Vinta. Desain lampu bisa dibuka(seperti kupu-kupu terbang) kemudian terbuka dengan datar(horisontal). Cocok buat ruangan seperti ruang makan, ruang tamu dan sebagainya.



Design | Rumah Panggung Hadapi Tantangan

Di banyak daerah di Tanah Air, rumah-rumah tua umumnya terbuat dari kayu dan arsitekturnya mencerminkan keunikan serta kearifan budaya lokal. Walaupun bencana datang silih berganti dalam hitungan tahun, puluhan tahun, bahkan ratusan tahun, rumah-rumah tua tersebut tetap kukuh berdiri.

Rumah gadang yang berarsitektur Bagonjong di Sumatera Barat, misalnya, tetap berdiri tegak dan selamat dari gempa walau puluhan kali gempa terjadi setiap bulannya. Hal ini terjadi karena arsitekturnya salah satunya mempertimbangkan keamanan dari gempa.

Sama halnya dengan rumah gadang, rumah-rumah khas kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat, dan juga di provinsi lain di Indonesia, yang umumnya terbuat dari kayu, juga relatif aman dari ancaman gempa bumi. Sementara itu, rumah-rumah permanen yang berarsitektur masa kini dan modern hampir selalu mengalami kerusakan, setiap kali gempa bumi terjadi.

Karena tidak didesain tahan dan aman dari gempa, makanya bencana gempa bumi menelan korban jiwa dan harta yang tidak sedikit. Begitu juga jika banjir terjadi, banyak warga mengalami kerugian harta benda dan kehilangan anggota keluarga.

Padahal, dulunya, nenek moyang Indonesia melalui kearifan budaya sudah mempertimbangkan faktor bencana ini dalam desain rumahnya. Makanya, di daerah rawan banjir atau daerah genangan air, rawa, lebak, dan pinggiran bantaran sungai, rumah-rumah panggung hampir selalu mendominasi.

Di Desa Tanjungbatu Seberang dan Tanjungbaru Petai, Kecamatan Tanjungbatu, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, dan di Woloan, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, rumah-rumah panggung yang menjadi tradisi nenek moyangnya telah menjadi industri kreatif sejak dulu dan sampai kini masih bertahan.

Di dua provinsi itu masyarakatnya membuat rumah panggung knock down atau rumah bongkar pasang. Mereka menawarkan kearifan lokal untuk hunian di era global. Walaupun tidak ada booming, tetapi permintaan selalu saja ada dari berbagai kota di Indonesia dan mancanegara.

”Industri kreatif berupa rumah panggung menjadi sesuatu yang unik di zaman sekarang,” kata Rita Adhiningrat, desainer interior dan Direktur PT Tata Agathis.

Ia menyebutkan, di Tomohon ada tempat penginapan yang berarsitektur rumah panggung, selalu penuh tamu. Untuk bisa menginap, tetamu harus antre. Begitu juga dengan sebuah rumah panggung yang diberi nama rumah pohon di suatu kawasan wisata di Bogor, orang yang ingin menginap di sana begitu antrenya.

Ira Maxi, pengusaha dari Jakarta, ketika ditemui tengah menawar rumah panggung di Tomohon, mengakui amat menyukai rumah panggung yang mencerminkan kekayaan budaya Indonesia itu. ”Rumah panggung tidak hanya unik dan menarik, tetapi juga mencerminkan cita rasa pemiliknya,” ujarnya.

Empat setahun

Jika Anda ke Sumatera Selatan, sempatkanlah berkunjung ke Kecamatan Tanjungbatu, Kabupaten Ogan Ilir, atau sekitar 55 kilometer selatan Kota Palembang ini. Anda bisa menyaksikan bagaimana industri kreatif pembuatan rumah panggung bongkar pasang ini tetap bergairah dan tak terimbas krisis.

Menurut Kepala Desa Tanjungbaru Petai Rozaliakne (63), dari 1.460 warga atau 350 kepala keluarga, 90 persennya bekerja di bidang usaha membuat rumah panggung atau rumah bongkar pasang. ”Usaha ini turun-temurun, dari nenek moyang hingga generasi ke generasi. Selagi kayu ada, tak akan berhenti masyarakat membuat rumah panggung ini,” kata dia.

Tidak hanya rumah panggung yang diproduksi di Tanjungbatu Seberang dan Tanjungbaru Petai, tetapi juga ada bangunan sekolah/pesantren, mushala, gazebo, dan bangunan lain, tergantung pesanan.

Sudirman yang sebelumnya membuat rumah panggung berukuran 8 x 10 meter untuk seorang manajer di Bandung, juga tengah menyelesaikan sebuah rumah panggung. ”Satu rumah selesai dalam tempo tiga bulan. Dalam setahun bisa selesai empat rumah, yang hampir selalu ada saja pemesannya,” katanya.

Bentuk dan ukuran rumah panggung produksi Tanjungbatu ini tergantung pesanan. Apakah ingin berukuran 4 x 4 meter, 6 x 6 meter, 5 x 7 meter, 6 x 8 meter, 6 x 10 meter, atau 10 x 10 meter, terserah si pemesan. Desain juga bisa dibuat si pemesan. Kalau harga umumnya dipatok berdasarkan ukuran, yang kisarannya Rp 1,25 juta sampai Rp 1,5 juta per meter persegi. Juga tergantung jenis kayu. Semakin bagus kualitas kayu, harga semakin mahal.

Jika ada yang berminat, rumah yang dipajang atau selesai dibuat membutuhkan waktu tujuh hari untuk membongkarnya kembali, sedangkan untuk memasangnya kembali di tempat tujuan pembeli butuh waktu sekitar 10 hari, dengan 2-3 pekerja.

”Harga jual rumah di luar ongkos kirim, yang dibebankan kepada pembeli, semakin jauh daerah tujuan semakin besar biaya angkut. Kalau rumah ingin dipelitur atau dicat, menjadi beban si pembeli,” kata Karni, pembuat rumah di Tanjungbaru Petai.

Peminat rumah kayu produksi Kecamatan Tanjungbatu ini ternyata tidak hanya terhadap rumah baru. Rumah yang telah ditempati belasan dan puluhan tahun juga sering ditawar calon pembeli.

Bahkan, saat ini ada rumah panggung di desa Tanjungbatu, Kecamatan Tanjungbatu, yang telah dipakai belasan tahun dibeli sekitar Rp 50 juta. ”Kalau harga sesuai, tak ada salahnya dilepas,” kata Abidin.

Kayu tembesi di Tomohon

Sama halnya dengan di Tanjungbatu, di Tomohon rumah panggung bekas pakai juga banyak yang menawar. ”Rumah panggung bekas pakai harga relatif murah. Untuk rumah dua kamar, misalnya, bisa dihargai sekitar Rp 20 juta,” kata Frengky Tirukan, pengusaha rumah panggung adat Minahasa di Tomohon.

Jika di Tanjungbatu jenis kayu tembesi sudah langka, sulit didapat, maka di Tomohon jenis kayu berkualitas nomor satu itu masih bisa didatangkan dari Gorontalo. Oleh pengusaha rumah panggung di Tomohon, jenis kayu tembesi umumnya digunakan untuk rangka rumah.

”Karena terbuat dari kayu-kayu berkualitas baik, ada rumah panggung di Tomohon yang sudah berusia 115 tahun,” ungkap Frengky.

Rumah panggung bongkar pasang dari Tomohon ini, menurut Frengky, banyak juga pemesannya dari Malaysia, Filipina, Perancis, dan Kostarika. ”Setahun saya bisa menjual 15 sampai 20 unit rumah,” katanya. ”Di Tomohon, sedikitnya ada 100 warga yang usahanya membuat rumah panggung bongkar pasang.”

Harga rumah panggung di Tomohon tergantung jenis kayu yang diinginkan, Rp 1,2 juta sampai Rp 1,5 juta per meter persegi. Ongkos kirim tersendiri, tergantung jauh dekatnya rumah tersebut diantar. Ke Jakarta, biaya kirim mencapai Rp 12 juta, untuk satu dan atau dua unit rumah. ”Ke Filipina, biaya kirim Rp 28 juta,” kata Frengky, pengusaha yang tahun ini telah mengirim delapan unit rumah panggung ke Malaysia.

Hadapi tantangan

Rumah panggung memang unik. Namun, tetap saja model rumah seperti ini menghadapi tantangan. Sampai saat ini, persoalan bahan baku kayu memang belum jadi masalah. Namun, dengan pembabatan hutan yang tak terkendali di Tanah Air, keberadaan bahan baku rumah kayu juga menjadi ancaman.

Jika pembabatan hutan secara tak terkendali dibiarkan terus, bukan tidak mungkin perajin rumah kayu yang terkenal kreatif pun bisa gulung tikar. Salah satu solusinya, perlakukan hutan secara arif disertai kegiatan reboisasi. Dengan begitu, usaha rumah kayu tetap berjalan, hutan pun tetap lestari.

Mengurangi Ruu model denah Rekening Listrik Mu Dengan Energi Matahari

Semua orang mempunyai kaitan dengan mengurangi RUU model denah rekening listrik mereka dalam rangka rumah menyelamatkan model denah menabung design uang memberi perhatian rumah itu design di atas krisis yang ekonomi rumah itu design. Ada juga perhatian produksi bahan bakar fosil dan efek yang negatif rumah yang design mereka berakibat pada lingkungan rumah itu design. Energi matahari telah menjadi rumah yang design lebih populer dalam kaitan dengan perhatian di atas ekonomi dan lingkungan rumah itu design. Energi matahari adalah efektif dan adalah jauh lebih sedikit menyerbu dibanding produksi bahan bakar fosil dengan berbahaya byproducts itu dapat merugikan lingkungan rumah itu design. Energi matahari adalah suatu rumah jalan asri minimalis cara design besar untuk start mengurangi RUU model denah rekening rumah yang design elektris mu dan membantu lingkungan rumah itu design di dalam proses.

Pemilik rumah yang menggunakan energi matahari panel akan bermanfaat bagi banyak jalan, tidak hanya pengurangan rumah dari model denah ttg design rekening asri minimalis daftar kegunaan mu. Energi matahari adalah suatu sumber daya rumah yang design alami berlimpah-limpah yang dapat digunakan untuk orang bertobat sinar matahari ke dalam energi untuk temu permintaan energi rumah itu design rumah dari model denah ttg design rumah mu. Ada hampir tidak ada dampak negatif pada rumah atas design lingkungan ketika kamu menggunakan energi matahari untuk menggerakkan rumah mu. Ongkos perjalanan yang matahari adalah sepele kepada jumlah rumah yang design kamu akan rumah menyelamatkan model denah menabung design dan penggunaan yang positif dari suatu sumber alternatif untuk menggerakkan dengan hal negatif rumah kecil asri minimalis sedikit design berdampak pada pada rumah atas design lingkungan adalah suatu penyebab mulia dengan selembut-lembutnya. Fosil Bahan bakar tidak bisa membual rumah itu design eco-friendly berdampak pada mereka mempunyai mengenai rumah yang design hangat global dan lain perhatian lingkungan.

Mengurangi RUU model denah rekening listrik mu bisa dilakukan dengan pemanfaatan panel matahari. Panel yang matahari mempunyai sel photovoltaic yang menyimpan energi matahari sampai mereka diubah jadi mekanik atau tenaga elektrik. Dalam kaitan dengan konversi dakhil energi, ini tidak menyebabkan apapun polusi ketika reaksi kimia untuk berlangsung.

Sisi yang negatif rumah dari model denah ttg design energi matahari adalah bahwa panel yang matahari bersandar pada cahaya matahari rumah itu design untuk mengkonversi energi matahari ke dalam listrik. Ini adalah bagus bagi mereka yang mempunyai suatu persen dari pantas hari yang mempunyai cahaya matahari langsung, tetapi memberi daerah geografis tertentu yang tidak mempunyai cahaya matahari secara reguler, energi matahari tidak mungkin jawaban.

Energi matahari rumah yang design tidak hanya dapat membantu kamu ketika mengurangi RUU model denah rekening listrik mu, tetapi dapat juga digunakan sebagai suatu penghapusan pajak juga bagi mereka yang sedang penghematan energi pemanfaatan mengukur untuk membantu dengan krisis energi. rumah Alat asri minimalis makna design ini bahwa jika kamu rumah perlu design menggunakan panel matahari di dalam rumah mu, ongkos menerapkan energi matahari dapat dihapuskan pajak mu untuk pajak yang berikutnya membumbui.

Ongkos mengubah rumah mu rumah bagi asri minimalis kepada design memanfaatkan rumah kuasa asri minimalis tenaga design matahari bukanlah sama mahal seperti satu kekuatan berpikir. Kamu kaleng genap menginstal ia asri minimalis nya diri anda dan rumah menyelamatkan model denah menabung design lebih uang lagi dalam kaitan dengan konstruksi dan instalasi rumah dari model denah ttg design panel matahari yang sedang secara relatif gampang. Ada banyak program yang tersedia yang dapat membantu kamu dengan step-by-step mu memandu. rumah Itu design tidak mengambil suatu ilmuwan roket untuk menginstal panel matahari.

Suatu hal penting untuk ingat adalah bahwa rumah itu design mengambil lebih dari satu panel matahari untuk menggerakkan rumah mu. Jika kamu menginstal lebih dari satu panel matahari, kamu dapat mungkin temu permintaan energi rumah mu.

Alasan lain di mana kamu boleh memerlukan panel rumah yang design lebih matahari diberi adalah daerah yang mengenai ilmu bumi yang kamu tinggal di. Jumlah cahaya matahari yang penempatan rumah mu adalah akan menentukan banyaknya panel matahari rumah yang design kamu memerlukan. Cara yang baik untuk berterima kasih energi rumah yang design matahari mu adalah untuk menggunakan energi angin dengan pengaturan atas turbin angin milik mu. Ini dapat juga membantu kamu di dalam mengurangi RUU model denah rekening listrik mu.

Mengurangi RUU model denah rekening listrik mu dapat gampang dengan penggunaan sumber daya alternatif dan melakukan rumah part model denah bagian design mu di dalam memelihara lingkungan rumah itu design. Kamu dapat merasakan baik sekitar diri anda untuk rumah menyelamatkan model denah menabung design uang dan menjadi " hijau".

Anda temukan artikel ini sangat menolong? Jika kamu lakukan kemudian mengunjungi website rumah kita asri minimalis kami design pada http: asri minimalis asri minimalis www.HowtoGenerateSolarPower.com untuk temukan sumber daya dan ujung asri minimalis persenan cuma-cuma untuk membantu kamu mengurangi RUU model denah rekening listrik mu oleh 80%.

0 comments:

Leave a Reply

Search

Google


Mailing List Arsitek Online


rumah
Subscribe to ArsitekOnline now...!

Our Group to Subscribe: Arsitek Online
Powered by us.groups.yahoo.com


Rumah Blog

rumah


Here's what the logo looks like:

Our Partnership

1. Arsitek
2. Indonesia
3.Artikel Center
4.Palm Oil
5.Herbal Questions Answers
6.Griya Ameera