• Rumah Minimalis GPlus
  • Facebook Rumah Minimalis
  • Twit Rumah Minimalis
  • LinkedIn Rumah Minimalis
  • RSS Mumah minimalis
  • Desain Rumah Minimalis Terbaru 2015

    Cohousing, Perumahan Berkonsep Komunitas [1]


    Rumah bukan sekadar kumpulan fisik tetapi juga kumpulan sosial. Apakah Anda menginginkan tinggal di perumahan yang ramah sosial, ramah lingkungan, serta ekonomis?

    Faktor kebutuhan dan tuntutan rumah yang semakin tinggi, memaksa sebagian besar masyarakat perkotaan menjadi individualis. Berangkat pagi, pulang malam. Kehidupan sosial di sekitar perumahan, hilang. Anak-anak tak bisa bebas bermain dan berekspresi. Semua kegiatan dilakukan di dalam rumah. Tingkat keamanan di perkotaan yang semakin rawan, ditambah tidak adanya interaksi dengan tetangga kanan kiri, membuat mereka semakin tak leluasa bermain. Pagar-pagar rumah seperti benteng yang membuat interaksi dengan tetangga mati.

    Dari segi penggunaan lahan, dulu setiap rumah masih memililki lahan kosong untuk berkebun/ bertaman dan tempat bermain anak. Kini, kebanyakan perumahan di perkotaan hanyalah berupa petak-petak rumah kecil, tak ada ruang terbuka , tak ada ruang bermain.

    Kota Semakin Padat.
    "Pada tahun 1990-an diperkirakan hanya 10% penduduk dunia yang tinggal di perkotaan, sekarang telah mencapai 50% dan diperkirakan tahun 2050 mencapai 75%. Demikian yang disampaikan Tiok Prasetyoadi, arsitek dan urban designer, pada acara diskusi dan pameran cohousing yang diselenggarakan di Musium Bank Mandiri, di Jakarta. Bisa dibayangkan betapa padatnya penduduk di perkotaan kelak. Dengan kondisi demikian, kehidupan diperkotaan ke depan akan jauh dari tingkat kenyamanan, keamanan, dan lingkungan yang bersih serta sehat.

    Kondisi inilah yang mendorong Santy Syahril beserta delapan keluarga lainnya berupaya merealisasikan mimpi membuat perumahan dengan konsep cohousing di Jakarta.

    Apa Itu Cohousing?
    Cohousing adalah sebuah konsep bertempat tinggal. Bedanya dengan perumahan biasa, pada perumahan cohousing penghuni  rumah sudah membentuik komunitas terlebih dahulu sebelum perumahannya sendiri dibangun. Kemudian mereka berkomitmen untuk hidup dalam sebuah perumahan secara bersama-sama dan ikut merancang desain perumahannya.

    Rumah-rumah-nya sendiri nanti dibangun sesuai keinginan para anggota komunitas tersebut. Mereka yang anggota keluarganya sedikit bisa membangun rumah dengan sedikit kamar, sedangkan mereka yang memiliki anggota lebih banyak bisa membangun rumah dengan lebih banyak kamar.

    Konsep cohousing sudah berkembang di Denmark sejak akhir tahun 1990-an. Konsep ini muncul dilatarbelakangi oleh banyaknya keluarga yang memiliki penghasilan ganda, tetapi bingung dengan kehudupan dan perkembangan buah hati mereka. Siapa yang menjaga anak-anak di rumah? Siapa yang mengasuh dan menyiapkan makan di rumah? Siapa yang mengantar ke sekolah?

    Dami komunitas para orang tua yang rata-rata bekerja dan memiliki anak inilah konsep cohousing terbentuk. Namun akhirnya konsep rumah cohousing ini berkembang tak hanya untuk mereka yang telah berkeluarga, tetapi juga mereka yang masih lajang dan para lansia.

    Keunikan Konsep Rumah Cohousing
    Hampir semua perumahan di Indonesia, design dan perencanaannya dilakukan oleh pihak pengembang. Calon penghuni tinggal menerima rumah dalam keadaan design sudah jadi, dengan pilihan design terbatas pada tipe-tipe rumah yuang disediakan. Mereka tak mengenal siapa calon tetangga mereka, darimana asalnya, atau apa latar belakangnya. Proses pengenalan itu akan mereka lalui di kemudian hari ketika mereka telah menempati rumah tersebut dan bahkan ada kemungkinan mereka tak akan melalui proses itu.

    Pada pe-rumah-an dengan konsep cohousing, para calon penghuni (yang sudah membentuk komunitas sebelumnya) ikut berpartisipasi dalam men-design dan membuat perencanaan perumahannya. Fasilitas apa saja yang mereka inginkan, ukuran dan design rumah untuk masing-masing penghuni, bahkan lokasi perumahannya sendiri pun diputuskan berdasarkan hasil diskusi yang mereka lakukan.

    Dari segi ukuran, perumahan cohousing yang menggunakan sistem klaster hanya terdiri dari 15-25 rumah. Menurut Santy, ini untuk lebih memudahkan dalam pengawasan, sterilisasi lingkungan, dan juga interaksi sosial yagn terjalin agar lebih erat. Lebih dari 25 rumah keluarga nilai kebersamaannya dianggap akan semakin kecil, bahkan bisa hilang. Sedangkan bila jumlah rumah keluarganya terlalu sedikit, komunitas tersebut menjadi kurang beragam.

    Anda Ingin Mendapatkan Gambar Layout DENAH
    Rumah Minimalis Di Atas...?
    Caranya gampang kok, cukup share artikel ini ke teman Anda dgn cara mengklik salah satu tombol media sosial Anda di bawah ini, dan tombol LIKE yg berada di bawah judul artikel di atas, setelah itu hubungi kami via email di:
    info@arsitekonline.com
    Gambar Denah rumah yg Anda minta akan segera kami kirimkan
    ke email Anda sesegera mungkin. Gratis kok...!!!


    1 comments:

    1. konsep nya menarik, tapi tentunya tidak mudah dlm menyatukan berbagai keluarga.

      monggo mampir
      http://littlewawan.blogspot.com/2014/05/arsitektur-berkelanjutan-bangunan-hijau.html

      ReplyDelete

    Rumah minimalis memang unik. Bila Anda punya pertanyaan atau masukan seputar rumah minimalis, jangan sungkan menulisnya disini. Semoga banyak orang yang mengambil manfaatnya.

     

    Google+ Followers of Rumah Minimalis

    Rumah Minimalis 2015

    Rumah minimalis 2015 adalah sebuah portal yang khusus membahas seputar rumah minimalis, dan segala hal yang berhubungan dengannya seperti desain rumah minimalis maupun model rumah minimalis. Penyajian yang kami hadirkan dalam bentuk gambar perspektif 3D yang dilengkapi dengan keterangan gambar, sehingga memudahkan Anda dalam memahami apa yang kami tampilkan tersebut. Selain itu, kami juga menghadirkan berbagai informasi yang masih berhubungan dengan tema website ini seperti bentuk dan model rumah minimalis modern, rumah minimalis sederhana, rumah minimalis 1 lantai dan 2 lantai, rumah kayu minimalis, termasuk rumah dari berbagai type seperti rumah minimalis type 36, rumah minimalis type 45 sampai yang bertype rumah mewah minimalis.

    Semoga apa yang kami sajikan ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan informasi seputar rumah minimalis.
    Terima kasih.